Potensi Domba yang belum tergarap

Potensi peternakan indonesia masih sangat terbuka lebar. Mengapa demikian??? kita telur masih impor, daging impor, sapinya juga impor, susu apalagi??? Dimana sih peranan sarjana-sarjana peternakan indonesia???Peluang usaha yang mempunyai potensi sangat luas adalah domba. Bangsa ini mempunya ternak domba yang berkualitas penghasil daging, susu, dan wool. Tp dua potensi  terakhir memang belum tergarap sama sekali, padahal negara-negara maju mengandalkan produksi woolnya sebagai produk utama dari ternak domba.

Dari sisi ekonomi, ternak domba sangatlah potensial dikembangkan walaupun memang masih kalah dengan ternak sapi. Tapi tidak menutup kemungkinan dalam rangka swasembada daging nasional produksi dan permintaan domba akan meningkat seiring dengan daya beli masyarakat. Selama ini ternak domba masih dipelihara sebagai sampingan bagi petani peternak, belum di pelihara secara intensif dan serius. Pada hal kalau ternak ini di kelola dengan serius, dipelihara dengan intensif kesejahteraan petani peternak juga akan meningkat.

Pasar terbesar dari ternak domba ini adalah saat Qurban datang, kalau kita melihat data statistik permintaan domba dari tahun ke tahun akan semakin meningkat. Akan tetapi tanpa di dukung dengan pola pembibitan yang simultan dan berkelanjutan. Entah sampai kapan hal ini akan terjadi??? akan kah kita juga akhirnya kita juga akan mengimpor domba dari luar negeri untuk memenuhi permintaan baik daomba hidu atau daging??? inilah pertanyaan yang harus segera kita jawab. Jangan sampai kasus sapi terjadi juga pada ternak domba.

#rifta#

This entry was posted in Artikel Peternakan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s